Ternyata, Lembaga yang mengatur mengenai masalah keuangan tidak hanya dilakukan oleh Bank. Tetapi, ada pula lembaga yang melakukan kegiatan tersebut. Untuk itu, Silahkan baca yang berikut ini

Pengertian Lembaga Asuransi

Lembaga Asuransi adalah adalah perusahaan yang menghimpun dana melalui penarikan premi dengan menjanjikan akan memberi sejumlah uang sebagai ganti rugi kepada pihak yang membayar premi apabila terjadi suatu peristiwa yang merugikan pembayar premi tersebut (seperti kebakaran, kecelakaan, kesehatan, kematian, dan sebagainya).

Unsur-Unsur Lembaga Asuransi

Asuransi melibatkan unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Pihak tertanggung, yaitu pihak yang mengasuransikan dan berkewajiban membayar premi asuransi.
  2. Pihak penanggung, yaitu pihak yang menerima premi asuransi yang akan menanggung atau memberi ganti rugi jika terjadi resiko.

Syarat-syarat risiko yang dapat diasuransikan:

  1. Kerugiannya cukup besar, tetapi kemungkinan terjadinya kecil sehingga asuransi terhadapnya dapat dilakukan secara ekonomis.
  2. Kemungkinan kerugian dapat diperhitungkan.
  3. Terdapat sejumlah besar unit yang terbuka terhadap risiko yang sama.
  4. Kerugian yang terjadi bersifat kebetulan.
  5. Kerugiannya tertentu.

Peranan Lembaga Asuransi

Dalam kehidupan kita, banyak terjadi peristiwa yang tidak kita inginkan. Misalnya rumah terbakar atau kecelakaan lalulintas. Karena itu kita perlu memikirkan bagaimana caranya menanggulani atau paling tidak mengurangi resiko kerugian akibat terjadinya musibah seperti itu. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mempertanggungkan diri atau harta benda kepada lembaga asuransi. Lembaga Asuransi berguna untuk memecahkan masalah sosial sehubungan dengan terjadinya kematian, cacat, usia tua, dan kerugian harta benda. Orang yang ditimpa kerugian harta benda akan mendapat ganti rugi atau santunan. Santunan ini diharapkan dapat meringankan beban pribadi maupun keluarga tertanggung.

Sebenarnya, lembaga asuransi mempunyai peranan ganda, yaitu sebagai lembaga pelimpahan risiko dan sebagai lembaga penyerapan dana dari masyarakat.

Tujuan Lembaga Asuransi

Tujuan Lembaga Asuransi adalah mencegah atau sekurang-kurangnya mengurangi risiko kerugian yang mungkin timbul karena hilang, rusak, atau musnahnya barang-barang yang dipertanggungkan dari suatu kejadian yang tidak pasti. Serta memberi sejumlah uang sebagai ganti rugi kepada pihak yang membayar premi apabila terjadi suatu peristiwa yang merugikan pembayar premi tersebut.

Contoh Lembaga Asuransi

Dilihat dari jenisnya usahanya, perusahaan asuransi yang ada di Indonesia dewasa ini dapat dikelompokkan dalam kelompok berikut.

1)      Asuransi Jiwa

Perusahaan asuransi jenis ini memberikan pertanggung jiwa atas kematian atau kecelakaan. Contohnya adalah PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asuransi Bumi Putera.

2)      Asuransi Sosial

Perusahaan asuransi jenis ini memberikan tanggungan kepada peserta yang meninggal, cacat, atau pensiun. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama pegawai, karyawan, dan pensiunan. Contohnya adalah PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (PT Taspen), PT Jamsostek, PT Asuransi Jasa Indonesia (PT Jasindo).

3)      Asuransi Kerugian

Yang termasuk di dalamnya antara lain perusahaan asuransi kebakaran, asuransi kendaraan bermotor, asuransi terhadap bencana pada hasil pertanian, asuransi kecelakaan dilaut, darat, dan sungai.

4)      Reasuransi

Merupakan pengalihan sebagian risiko kepada penanggung lain yang dilakukan oleh penanggung pertama karena risiko yang dirasakan terlalu besar. Bentuk perusahaan reasuransi ini muncul karena jumlah pertanggungan makin lama makin besar, mengakibatkan beban yang harus ditanggung oleh penanggung juga ikut bertambah besar. Untuk pengaihan risiko penanggung pertama kepada penanggung lain maka dilakukan reasuransi. Contohnya adalah PT Reasuransi Umum.

Pengertian Lembaga Pegadaian

Lembaga Pegadaian adalah perusahaan milik Negara (Perum) yang memberikan pinjaman kepada masyarakat dalam jumlah yang besarnya sama dengan nilai jaminan yang diserahkan, misalnya perhiasan, pakaian, sepeda motor, computer, dan sebagainya.

Peranan Lembaga Pegadaian

Setiap orang yang sedang membutuhkan uang dapat memenuhinya dengan cara meminjam kepada tetangga atau keluarga, kepada rentenir, atau meminjam dibank. Tetapi kalau orang itu butuh segera, tentu saja tidak dapat dipenuhi dengan pinjam dibank. Kalau yang bersangkutan memiliki barang yang cukup berharga, dia bisa menjualnya. Tetapi dapat saja orang tersebut menggadaikannya, sehingga tidak perlu kehilangan milik atas barang berharga tersebut. Dalam hal ini yang bersangkutan bisa berhubungan dengan lembaga pegadaian.

Dalam memberikan kreditnya, pegadaian tidak memperhatikan penggunaan uang tersebut. Pinjaman boleh digunakan untuk usaha pertanian, perdagangan, industri rumah tangga, dan bahkan untuk keperluan konsumsi. Jaminan kredit bisa berupa benda-benda bergerak dan tidak bergerak dan diserahkan untuk dikuasai oleh pemberi kredit tanpa akta notaris. Apabila peminjam terlambat melunasi pinjamannya maka ia diberi peringatan kesempatan tiga minggu untuk melunasi pinjamannya. Jika ternyata tetap tidak dapat melunasi, barulah barang jaminannya dilelang.

Tujuan Lembaga Pegadaian

Tujuan Lembaga Pegadaian adalah untuk meminjam sejumlah uang kepada masyarakat yang besarnya sesuai dengan nilai jaminan yang diserahkan. Tujuan diadakan Pegadaian adalah mencegah larinya masyarakat kepada lintah darat, yaitu orang yang meminjamkan uang dengan bunga yang sangat tinggi.

Contoh Lembaga Pegadaian

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam usaha pegadaian adalah Perum Pegadaian. Tujuan Perum Pegadaian adalah membantu masyarakat luas, terutama sekali golongan kurang mampu, untuk mendapatkan pinjaman secara cepat dengan prosedur yang sederhana, murah, dan cepat. Dengan syarat-syarat yang mudah ini diharapkan rakyat kecil bisa terhindar dari praktik lintah darat.

Mungkin itulah sekilas mengenai Lembaga Keuangan Bukan Bank, Terima Kasih Telah Membaca :)

About sepukelrisal

Saya Seorang Pelajar di SMPN 08 Makassar kelas IX A (Azayakana). Tujuan saya membuat beberapa tulisan agar dapat membantu para pelajar yang lain terutama pelajar SMP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s